Workshop Lesson Study for Learning Community



Workshop Lesson Study for Learning Community

Pandeglang, 2 Mei 2018. Dalam rangka peningkatan kompetensi dosen dan mutu pembelajaran atau perkuliahan di Universitas Mathla’ul Anwar, Biro Akademik menggelar Workshop Lesson Study for Learning Community bagi dosen Universitas Mathla’ul Anwar pada tanggal 2 Mei 2018. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh fakultas yang menugaskan perwakilan dosen di setiap program studinya. Workshop ini merupakan diseminasi kegiatan Bimtek Lesson Study pada tanggal 16-19 April kemarin di Bandung dimana UNMA sebelumnya menugaskan dua dosen yaitu Veny Agustini Prianggita, M.Pd dan Erna Irawati, M.Pd untuk mengikuti Bimtek Pengembangan Pedagogical Content Knowledge (PCK) melalui Lesson Study for Learning Community (LSLC). Sesuai amanat Direktorat Jendral Sumber Daya IPTEK dan Pendidikan Tinggi Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, setelah mengikuti kegiatan tersebut, peserta diharapkan dapat mengimplementasikan Lesson Study di perguruan tinggi masing-masing. Lebih jauh, mereka juga diharapkan dapat melakukan pendampinagn kegiatan Lesson Study di sekolah-sekolah mitra.

Kegiatan workshop ini merupakan pengejawantahan harapan Dirjen SDID yaitu para dosen UNMA memiliki wadah kolaborasi antar dosen untuk meningkatkan keprofesionalannya melalui sistem pemberdayaan kolegial berkelanjutan berbasis praktik Lesson Study for Learning Community. Para dosen perwakilan program studi diharapkan dapat menyebarkan kebaikan Lesson Study dan menjadi penggiat Lesson Study di program studinya masing-masing untuk menunjang upaya pengembangan kompetensi dosen dan kualitas pembelajaran. Harapan ini sejalah dengan apa yang disampaikan Wakil Rektor 1, Dr. Jihaduddin, M.Pd. yang ikut menghadiri workshop pada hari itu dalam sambutannya beliau mengatakan “Tujuan workshop ini untuk membentuk komunitas (Learning Community) yang dapat menjadi wadah membantu para dosen dalam meningkatkan kompetensi agar proses belajar mengajar menjadi lebih baik. Tidak hanya itu, LSLC ini juga dapat membantu dosen dalam penelitian dan pengabdian.”

Pada kegiatan workshop ini semua peserta digiring pada praktik Lesson Study dimana pemateri tidak menyampaikan konsep langsung dengan ceramah namun membuat peserta aktif dengan implementasi prinsip student-owned learning yang diterapkan pada peserta. Dengan ini diharapankan peserta workshop mendapatkan pengalaman langsung dalam melaksanakan kegiatan Lesson Study di kelasnya masing-masing. Sebagai rangkaian kegiatan yang tidak dapat dilaksanakan di hari-h, tanggal 28 Mei mendatang akan digelar open class di ruang micro teaching dengan salah satu dosen dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang akan menjadi Dosen Model. Para peserta worksop diundang untuk mengobservasi interaksi mahasiswa di kelas juga merefleksi kegiatan pembelajaran setelahnya. Di akhir kegiatan, panitia meminta kesediaan peserta secara sukarela untuk menjadi anggota Learning Community. Learning Community inilah yang akan menjadi wadah pembinaan dimana dosen secara kolaboratif dan berkelanjutan melakukan pengkajian pembelajaran berlandaskan prinsip-prinsip kolegialitas dan mutual learning untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. (Erna Irawati)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *