Fakultas Agama


Drs. H. Moh. Zen, M.M.

Dekan

Sejarah singkat berdirinya Fakultas Agama Universitas Mathla’ul Anwar ini adalah sebagai berikut:

  1. STISMA mulai berdiri berdasarkan Surat Keputusan Pengurus Besar Mathla’ul Anwar SK PBMA No. 84/A/II/1988
  2. Surat Keputusan Menteri Agama RI No. 54 Tahun 1991 tentang Status Terdaftar Program Studi Syariah Ahwal Asy-Syaksiyah (Syariah/AS);
  3. Perubahan nama dari STISMA menjadi STAIMA SK PBMA No. 154/SK/PBMA/VIII/1994
  4. SK MENAG RI No. 265 Tahun 1995 Tanggal 16 Juni 1995, tentang Program Studi Syariah/Asy dan Program Tarbiyah/PAI);

Fakultas agama memiliki visi yaitu “Menuju Fakultas agama yang mencerdaskan peserta didik dengan mengembangkan khazanah rohaniah bangsa untuk mengisi dan mewujudkan cita-cita Mathla’ul Anwar”. Visi ini mengandung 3 kata kunci yaitu: mencerdaskan, khazanah rohaniah dan cita-cita Mathla’ul Anwar. Mencerdaskan memiliki arti memberdayakan dan mengembangkan potensi peserta didik dengan memfasilitasi, menstimulasi, dan mendorong potensi tersebut untuk tumbuh optimal. Khazanah rohaniah atau wawasan spiritual adalah sikap dan perilaku peserta didik sebagai wujud dan implementasi pemahamannya terhadap ajaran agama Islam. Dalam hal ini khazanah rohaniah tidak semata penguasaan agama sebagai dimensi ilmu pengetahuan, namun lebih jauh lagi sebagai landasan filosofis yang mendasari setiap perilaku peserta didik atas dasar pemahaman dan penguasaan ajaran agamanya. Sedangkan cita-cita Mathla’ul Anwar adalah agar ajaran Islam menjadi dasar kehidupan bagi individu dan masyarakat.

Visi

“Menuju Fakultas agama yang mencerdaskan peserta didik dengan mengembangkan khazanah rohaniah bangsa untuk mengisi dan mewujudkan cita-cita Mathla’ul Anwar”

Misi

Fakultas Agama mengemban Misi sebagai berikut :

  1. Mengembangkan Pendidikan Keagamaan untuk menunjang pembentukan profesionalisme dalam bidang Keagamaan.
  2. Menata penyelenggarakan pendidikan pada Fakultas agama menuju pemenuhan terhadap Standar Nasional Pendidikan (SNP)
  3. Menyelenggarakan penelitian untuk mewujudkan keislaman yang modern dalam keindonesiaan
  4. Memberikan kontribusi bagi pengembangan masyarakat menuju kehidupan yang lebih baik

Fakultas Agama sendiri memiliki 3 (tiga) Program Studi, dimana Prodi – prodi itu adalah:

  1. Pendidikan Agama Islam
  2. Ahwal – Alsyakhsiyyah
  3. Ekonomi Islam

Prodi Ahwal asy-Syakhshiyah merupakan core dari semua jurusan/program studi yang ada di Unma, karena berdirinya UNMA Banten tidak lepas dari awal berdirinya jurusan Ahwal asy-Syakhshiyah. Sejak awal kelahirannya, Unma pertama kali membuka sekolah tinggi agama terlebih dahulu yang selanjutnya menjadi cikal bakal prodi ASY. Dalam perkembangannya, telah banyak kiprah telah dilakukan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Hingga saat ini alumni tersebar di berbagai instansi pemerintah dan lembaga pendidikan.