Fakultas Ekonomi


Dekan

Fakultas Ekonomi Universitas Mathla’ul Anwar merupakan perubahan bentuk dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mathla’ul Anwar (STIEMA) Pandeglang yang berdiri tahun 1995. sebelum STIEMA berdiri, di lokasi yang sama telah terlebih dahulu hadir Sekolah Tinggi Agama Islam Mathla’ul Anwar. Tepat tanggal 1 Januari 2000 pengurus besar Matha’ul Anwar sebagai badan penyelengara membentuk Universitas Mathla’ul Anwar dan mengangkat Bapak Prof. DR. Ir. H. Bun Yamin Ramto, SE sebagai Rektor pertama, maka sekolah tinggi-sekolah tinggi yang ada meleburkan diri berintegrasi dalam Universitas dan secara institusional menjadi fakultas-fakultas. Dan pada tahun 2004 Universitas mengangkat Rektor kedua yaitu Prof. DR. Ir. H. Herman Haeruman, Js. MF., FWAAS.

Universitas Mathla’ul Anwar (berikut sejumlah program studi) termasuk program studi Akuntansi (S-1) memperolah legalitas dari Depertemen Pendidikan Nasional melalui Direktur Jendral Pendidikan Tinggi dengan Surat Keputusan Nomor : 53/D/O/1996 dan memperoleh status Akreditasi pertama dengan Nomor : 008/BAN-PT/Ak-XIV/S1/VI/2011. Sedang legalitas program studi   Manajemen (S-1) yang masa berlakunya tahun 2001, kembali dikukuhkan dengan Surat Keputusan Dirjen Dikti Nomor : 2508/D/T/2004. Pada tahun 2006 Fakultas Ekonomi memperoleh status Akreditasi pertama dengan Nomor : 016/BAN-PT/Ak/X/Si/X/2006 dan Akreditasi kedua dengan Nomor : 021/BAN-PT/Ak-XIV/S1/VIII/2011.

Dalam wadah Universitas berarti terbuka kesempatan bagi fakultas-fakultas untuk berkembang. Bersama dengan hadirnya fakultas lain, Fakultas Ekonomi memberikan alternatif yang beragam bagi masyarakat untuk menentukan pilihan yang paling sesuai dengan minat masing-masing.

Keberadaan Fakultas Ekonomi Mathla’ul Anwar tidak lepas dari cita-cita besar para founding father negara kesatuan Republik Indonesia kita ini yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Cita-cita yang perwujudannya memerlukan proses yang sistematis, berkesinambungan sekaligus waktu panjang.

Mahasiswa Fakultas Ekonomi, saat ini berjumlah lebih dari 527 orang, Universitas Mathla’ul Anwar Banten cukup heterogen dalam latar belakang pendidikan maupun aktivitasnya di luar kampus. Sebagian mahasiswa merupakan lulusan SMU/MA/SMK yang baru menyelesaikan sekolahnya. Sebagian lain adalah para pegawai pemerintah, perusahaan daerah, ataupun perusahaan swasta. Lebih spesifik beberapa diantaranya berprofesi sebagai karyawan Bank BUMN maupun swasta dan guru sekolah lanjutan tingkat atas. Heterogenita tersebut mencerminkan semangat untuk menjadikan pendidikan tinggi bagi semua strata dan kalangan.

Visi

Menuju terwujudnya insan yang bertaqwa, dan berjiwa entrepreneur

Misi

Legalitas Program Studi

  1. Menyelenggarakan pengajaran terbaik di bidang kewirausahaan di wilayah Banten.
  2. Menjadikan institusi yang mampu memenuhi kebutuhan sumber daya manusia di bidang perekonomian.
  3. memberikan kontribusi bagi kemajuan masyarakat Banten dan Bangsa Indonesia pada umumnya.
  4. Menjadikan fakultas sebagai pusat pemikiran dan kajian bagi perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pembangunan ekonomi regional Banten, khusunya dalam konteks otonomi daerah.
  5. Menumbuhkan sikap dan sifat-sifat intelektual berupa tumbuhnya kesadaran untuk secara sustainable menggali ilmu pengetahuan.

Ijin dan Akreditasi

  1. Manajemen (S1) Terakreditasi BAN-PT Nomor : 0161/SK/BAN-PT/AKRED/S/I/2017
  2. Akuntansi (S1) Terakreditasi BAN-PT Nomor : 2247/SK/BAN-PT/AKRED/S/X/2016

Tujuan

Tujuan penyelengaraan pendiidkan di Fakultas Ekonomi Universitas Mathla’ul Anwar Banten berorientasi pada upaya untuk menghasilkan lulusan yang :

  1. Bertaqwa kepada Allah SWT dan memiliki integritas kepribadian yang tinggi sebagai Sarjana Ekonomi.
  2. Melahirkan sumber daya manusia yang dapat memenuhi tuntutan pembangunan regional dan nasional, guna mengisi kebutuhan masyarakat akan tenaga pelaksana dan pemikir yang terampil, di bidang ekonomi yang berjiwa entrepreneur.
  3. Menguasai dasar-dasar ilmiah serta pengetahuan dan metodologi, sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan dan merumuskan cara penyelesaian berbagai masalah sosial ekonomi dengan efektif dan efesien.
  4. Bersifat terbuka, tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya yang berhubungan dengan bidang keahliannya.
  5. Mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki dalam kegiatan produktif maupun layanan kepada masyarakat.