Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik


Said Ariyan, M.Si.

Dekan

Untuk Prodi Ilmu Pemerinahan, berdasarkan izin rekomendasi dari Rektor Unma pada saat itu yaitu Prof. Dr. Bunyamin Ramto, FISIP UNMA didirikan pada tahun 2002 dengan Program Studinya adalah Ilmu Pemerintahan. Setelah 2 (dua) tahun berjalan, pada tahun 2004 FISIP mendapatkan izin operasional melalui SK Dirjen Dikti No. 2994/D/T/2004. Izin operasional ini kemudian diperpanjang kembali pada tahun 2010 berdasarkan Izin Dikti Izin Dikti Nomor 4356/D/T/K-IV/2010 dan sudah terakreditasi oleh BAN PT No.020/BAN-PT/Ak-VIII/2010 Perpanjanga SK  tahun 2015 (No.155/SK/BAN-PT/Akre/S/XI/2015). Sedangkan Ilmu Komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi berdiri sejak tahun 2004 berdasarkan Izin Dikti Nomor 2995/D/T/2004 dan saat ini Izin Operasionalnya sudah diperbaharui berdasarkan Izin Dikti Nomor 4356/D/T/K-IV/2010 dan sudah terakreditasi oleh BAN PT No.145/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2014.

Visi

“Menjadi Fakultas yang unggul dalam pengembangan ilmu sosial dan ilmu politik yang berkarakter keislaman di Provinsi Banten.”

Misi

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pengajaran yang mampu mendorong pengembangan pola pikir kreatif, inovatif, dan profesional
  2. Menyelenggarakan penelitian yang berdaya guna dalam rangka pengembangan keilmuan maupun bagi penyelesaian masalah-masalah sosial politik yang dihadapi pemerintah dan masyarakat.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat sebagai salah satu bentuk kepedulian sivitas akademika kepada masyarakat, khususnya bagi upaya pemberdayaan masyarakat.

Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat yang berkarakter keislaman.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mathla’ul Anwar Banten memiliki dua Program Studi, yaitu:

  1. Prodi Ilmu Pemerintahan
  2. prodi Ilmu Komukasi

Sasaran utama dalam pengelolaan fakultas ilmu sosial dan ilmu politik di Universitas Mathla’ul Anwar (UNMA) adalah meningkatnya penguasaan ilmu pengetahuan (science), meningkatnya ketrampilan (skill) dan berubahnya sikap prilaku (attitude) mahasiswa sehingga dihasilkan mahasiswa yang memiliki wawasan pengetahuan luas di bidang ilmu sosial dan ilmu politik, memiliki keahlian baik managerial skill maupun technical skill di bidang ilmu sosial dan ilmu politik dan memiliki sikap perilaku bermoral berlandaskan keimanan dan ketakwaan terhadap Allah SWT