www.unmabanten.ac.id Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNMA pada hari rabu, 17 Agustus 2022 melaksanakan program kerja dengan menciptakan inovasi kemasan produk olahan ikan laut pada UMKM bakso ikan, kerupuk, otak-otak, ikan asin. Program Kerja ini digunakan sebagai rebranding produk yang ada di desa Teluk Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang Banten.
Permasalahan pemasaran yang terjadi pada UMKM ini yaitu masih menggunakan kemasan biasa dan pemasaran konvensional yang belum memanfaatkan media online, sehingga kurang menarik dan jangkauan penjualan tidak luas. Kegiatan ini memiliki tujuan untuk memasarkan produk agar dapat berkembang di masyarakat luas. produk olahan yang berbahan dasar ikan laut ini sudah berjalan sejak lama akan tetapi belum ada inovasi membranding. Tentunya inovasi ini dapat membantu dalam meningkatkan pemasaran.
Ketua KKN Kelompok 2, Amirudin menuturkan Dengan dibantunya pengadaan mesin vakum, plastik kemasan, stiker merk, pembuatan akun media sosial dan maps lokasi usaha diharapkan dapat menyelesaikan Problematika yakni strategi dalam memasarkan produk. Apabila usaha rumahan tersebut dapat di tata dengan baik seperti strategi pemasaran yang benar, maka usaha dapat berkembang dan dikenal masyarakat luas. Untuk mengembangkan daya saing produk salah satunya yaitu memberikan inovasi kemasan pada produk olahan ikan tersebut. Tujuan memberikan kemasan baru adalah sebagai identitas produk serta meningkatkan daya tarik bagi pembeli. Selain itu, kemasan produk ini menjadi sarana promosi bagi konsumen, juga sebagai informasi dan komunikasi bagi konsumen.
Pemilik Usaha Rumahan, Pak Warso mengungkapkan rasa syukurnya terhadap inovasi yang dilakukan. “Saya mengucapkan terimakasih atas bimbingan yang telah mahasiswa KKN UNMA Banten berikan. Sehingga hal ini menjadikan respon positif dari pelanggan, dan membuat UMKM mengalami kemajuan. Tentunya omsetpun ikut bertambah,” pungkasnya.
Leave a Reply